Ragam Manfaat yang Dirasakan dari Bermain Lego

Lego memang merupakan mainan yang menjadi favorit banyak orang. Penggemarnya hadir dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa banyak yang mengoleksinya. Jika Anda memainkannya sebagai sebuah hobi, tentunya akan ada kesenangan tersendiri ketika berhasil menyusunnya. Selain itu, ada manfaat lain dari mainan bongkar pasang ini.

Bisa Dijadikan sebagai Media Mengasah Motorik
Bermain dengan bata warna-warni ini tentunya akan sangat mengasyikkan bagi anak. Oleh sebab itu, biasanya anak gemar membongkar dan memasang balok-balok ini dalam waktu lama. Selama menyusun menjadi struktur tertentu, anak tentu akan berpikir dan belajar.

Ketika memainkan balok-balok lego, anak akan menggerakkan tangannya. Hal ini bisa dijadikan salah satu cara dalam mengasah motorik anak. 

Jadi, selain berpikir cara menyusun bata menjadi struktur yang baik, anak juga melatih jari-jari anak sehingga lebih lincah. Tentu para orangtua akan senang jika anak menjadi lebih lincah dalam hal positif dan tidak malas bergerak.

Menambah Kemampuan Berkreasi
Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, mainan bongkar pasang yang satu ini memiliki banyak warna dan variasi. Poin ini tentunya akan dapat mengakomodasi kreativitas orang yang memainkannya. Kreasi tidak terbatas hanya pada suatu figure, kecuali jika memang bata-bata dibuat untuk bentuk tertentu saja.

Bata yang memiliki banyak warna akan membuat orang yang memainkannya berpikir cara memasangnya agar menyerupai struktur tertentu. 

Misalnya ketika akan memasang bata menjadi bentuk rumah. Tentunya Anda akan memikirkan posisi pemasangan yang tepat. Selain itu, Anda juga akan memikirkan warna yang pas untuk bagian-bagian tertentu.

Belajar Memecahkan Masalah
Latihan memecahkan masalah juga kerap dijadikan sebagai salah satu cara mengasah otak bagi banyak orang. Berbagai metode bisa dilakukan sebagai perwujudan latihan ini. Lantas, apakah bermain lego bisa menjadi salah satu bentuk mengasah kemampuan ini?

Ketika dihadapkan dengan berbagai balok yang tidak membentuk struktur lain ini, Anda akan menghadapi tantangan. Tantangan tersebut tentunya menyusun balok kecil tersebut menjadi struktur yang lebih besar dan memiliki makna tertentu. Dalam prosesnya tentu otak akan berpikir bagaimana cara memecahkan masalah ini hingga terselesaikan.

Mengasah kemampuan Matematis
Kemampuan matematis tidak hanya bisa didapatkan dari belajar matematika secara formal. Berbagai kegiatan sehari-hari tanpa disadari bisa saja memiliki unsur pembelajaran pada aspek ini. Ketika memainkan permainan bongkar pasang, Anda juga bisa sedikit demi sedikit mengasah kemampuan ini.

Meskipun bukan suatu jaminan pasti, menyusun bata-bata minifigure akan membuat seseorang berpikir. Bentuk yang dijadikan target akhir tentunya berbeda dengan kondisi awal sebelum disusun. Anda tentunya akan melakukan perhitungan terkait posisi hingga warna yang tepat untuk memasang setiap komponen kecil menjadi lebih besar.

Metode Belajar Alfabet yang Menarik
Siapa bilang bahwa mainan minifigure ini hanya bisa dijadikan sebagai sarana hiburan? Sambil bermain, Anda juga bisa membuat anak belajar membaca. 

Caranya adalah dengan menempelkan alfabet di bagian permukaan balok. Mintalah anak menyusunnya agar membentuk suatu kata yang utuh. Dengan begitu Anda dapat membuat anak lebih tertarik dalam belajar membaca.

Demikian adalah beberapa manfaat dari bermain lego yang mungkin bisa Anda rasakan. Ternyata banyak poin positif yang bisa didapatkan dari menyusun bata-bata kecil ini. Anda bisa menjadikan kegiatan bermain minifigure ini sebagai sarana menghibur diri sekaligus mengasah kemampuan berpikir.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama